Senin, 21 Maret 2016

Belajar Menggunakan Lego

Haii  para bunda semuanya... semoga semua dalam keadaan sehat ya bunda. kali ini saya ingin berbagi ilmu belajar menggunakan media lego. Lego?? mungkin dalam benak para bunda sekalian pasti mainan. Terus dimana letak pembelajarannya ya.. Nah ini nih bunda saya bagikan informasi mengenai lego sebagai alat belajar para buah hati bunda.


                                                    Ilustrasi membuat dino menggunakan bricks lego

Pada umumnya anak sangat suka bermain apalagi anak yang usianya masih memasuki usia pra sekolah 2-5 tahun. Mereka akan selalu mencari cara untuk bisa bermain. Agar mereka memperoleh ilmu ketika sedang bermain hendaknya bunda sekalian memberikan mainan yang tepat guna untuk buah hati bunda. LEGO, adalah mainan yang sangat saya dan anak-anak seluruh dunia sukai ketika kami sedang bermain. ternyata ketika sedang bermain lego ada beberapa perkembangan yang terlatih tanpa buah hati bunda sadari seperti : Kemampuan bereksplorasi, Kemampuan berkreasi, Kemampuan motorik,  kemampuan sosial, Kemampuan mengenal dunia, Kemampuan metematika, Kemampuan sains, dan Kemampuan bahasa secara utuh.

                                              Ilustrasi anak sedang bermain

Waaah ternyata banyak manfaatnya ya bunda. Saya juga punya pendapat dari ahlinya nih tentang media belajar menggunakan lego ini bunda. Menurut Fred Ebbeck (Masitoh, 2005 : 7) "merupakan masa pertumbuhan yang paling hebat dan sekaligus paling sibuk. Pada masa ini anak sudah memiliki keterampilan dan kemampuan walaupun belum sempurna". Usia Taman Kanak-Kanak seringkali juga disebut sebagai "the golden age" atau masa emas yang mengandung arti bahwa masa ini merupakan fase yang sangat fundamental bagi perkembangan dimana kepribadian dasar individu mulai terbentuk (Masitoh, 2005 : 7).

                                                Ilustrasi membuat dino menggunakan lego

Bermain menggunakan mainan lego ini mampu membuat anak kita lebih kreatif loh bunda. Kegiatan yang dilakukan pun beragam, bunda bisa membuat tema-tema dari lego yang akan dirancang oleh buah hati bunda sekalian. Bunda bisa mengajak buah hati  bunda untuk membuat gedung, binatang, tanaman, robot, dan banyak lagi bentuk yang bisa bunda explore bersama sang buah hati

Lego mampu mengasah kemampuan logika berpikir dari buah hati bunda. Dimana ketika buah hati bunda sedang merancang sesuatu dengan menggunakan lego otomatis buah hati bunda akan berpikir agar rancangannya sempurna, membongkar kembali jika merasa ada yang perlu diperbaiki. Buah hati bunda juga dilatih kesabarannya ketika sedang merancang, dimana buah hati bunda akan sangat berhati-hati dengan rancangan yang sedang ia kerjakan. Bahkan saat ini bermain lego juga dapat dikaitkan dengan pelajaran matematika dimana buah hati bunda yang sudah duduk di bangku sekolah dasar mampu diajarkan materi pecahan dengan menggunakan media lego ini.

                                                   Ilustrasi soal matematika menggunakan lego

Kata kunci dari pembahasan saya kali  ini adalah bermain sambil belajar. Bagaimana kita sebagai orang tua memberikan wadah sebeas-bebas dan seluas-luasnya bagi buah hati kita semua untuk mampu mengeksplore setiap media mainan yang mereka miliki seperti lego ini. 

Yang lebih penting lagi ialah kemampuan bersosialisasi dari buah hati para bunda sekalian. Orang tua mana yang ingin anaknya menjadi addicted dengan gadget dan mendapat label anak autis karena tidak mampu bersosialisasi dengan anak lain. Bermain lego juga mampu meningkatan kemampuan sosialisasi dari buah hati bunda sekalian. Anak bunda akan mampu bermain dengan 3 orang lebih dalam kegiatan merancang bersama menggunakan lego. Sehingga buah hati bunda akan mampu mengontrol emosi mereka serta menumbuhkan rasa saling perduli dan mau berbagi dengan semua sahabat mereka

                                            Ilustrasi anak sedang bekerjasama merancang


Gimana nih bunda sudah cukup belum informasinya. Semoga apa yang saya bagikan kali ini bermanfaat bagi para bunda sekalian ya.  Saya harap bunda mampu memanfaatkan media bermain anak menjadi pembelajaran yang menyenangkan buat buah hati bunda sekalian. Untuk para bunda yang memiliki lego di rumah sudah bisa diterapkan belajar sambil bermain dengan buah hati bunda di rumah. Karena pada dasarnya belajar tidak hanya melulu di sekolah loh bunda, belajar juga dapat dilakukan di rumah bersama dengan keluarga tercinta. Samapi jumpa kembali di pembahasan berikutnya. Salam Lima Jari. Salam Anak Indonesia Hebat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar