Senin, 21 Maret 2016

Orang Tua dan Sekolah

Hai bunda... kali ini saya ingin membahas Hubungan antara orangtua dan pihak sekolah. Anak kita sangat perlu dijaga. Pihak sekolah dapat memberikan informasi mengenai anak di sekolah, termasuk perkembangan akademik, karakter dan kesulitan apa yang tengah mereka alami.

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan, sebagai berikut :

 Menjaga keterlibatan Penelitian menunjukkan bahwa hubungan baik antara orangtua dan pihak sekolah si kecil memberikan keuntungan untuk mendidik si kecil dengan baik. Semakin banyak orangtua tahu tentang apa saja yang dipelajari si kecil di sekolah, semakin membuat orangtua dapat memberikan dorongan dan motivasi pada si kecil.

                                                       Ilustrasi kegiatan Parenting di Sekolah

Melibatkan orangtua dalam pendidikan anak
 Memberikan informasi kepada orangtua tentang bagaimana dan apa yang si kecil lakukan dan pelajari di sekolah - yaitu kurikulum, metode pengajaran, dan perubahan sistem pendidikan. Selain itu, menginformasikan mengenai kemajuan kemampuan karakter dan akademik yang telah dicapai si kecil di sekolah. Orang tua juga dianjurkan untuk ikut terlibat dalam kegiatan sekolah bersama guru dan anak-anak, dengan harapan terbentuknya kerjasama yang baik antara rumah dan sekolah.

                                                  Ilustrasi kegiatan sekolah bersama orang tua


Cara untuk tetap menjaga hubungan
Setiap sekolah memberikan laporan tentang kemajuan muridnya setidaknya sekali dalam setahun kepada para orangtua. Orangtua juga akan diundang untuk menghadiri setidaknya satu pertemuan orang tua dan guru selama setahun atau pengambilan rapot kenaikan kelas. Ketidakhadiran Orangtua harus menghubungi pihak sekolah jika si kecil tidak masuk sekolah karena sakit. Jika si kecil tidak hadir di kelas dan orangtua tidak menjelaskan mengapa alasannya ia tidak bisa masuk sekolah, sekolah dapat menghubungi orangtua untuk memastikan bahwa si kecil tidak membolos.


                                                  Ilustrasi kerjasama orang tua dan murid

Pertemuan orangtua dan guru di sekolah

Pada pertemuan orangtua dan guru, orangtua dapat bertemu guru kelas si kecil untuk mengetahui bagaimana perkembangan si kecil di sekolah dan kesulitan yang dialami si kecil. Pada pertemuan guru dan orangtua di sekolah, biasanya orangtua datang sendiri tanpa si kecil. Pertemuan orangtua dan guru di sekolah menengah Untuk pertemuan orang tua dan guru di sekolah menengah biasanya orang tua akan datang bersama siswa. Di sekolah menengah, siswa memiliki guru yang berbeda untuk setiap mata pelajaran sehingga orangtua perlu untuk berkonsultasi dengan guru permata pelajaran. Jika ada masalah yang tidak ingin dibahas di depan anak, hubungi sekolah dan membuat perjanjian terpisah

                                         lustrasi pertemuan orang tua dengan pihak sekolah


Nah ternyata sangat penting ya bunda buat kita sebagai orang tua untuk terus memantau dan menjaga hubungan yang baik dengan sekolah, tempat bunda mempercayakan agar anak bunda didik dan ditempah kemampuan akademik dan karakternya. Semoga informasinya bermanfaat dan bunda tidak salah pilih sekolah untuk sang buah hati ya. Salam lima jari. Salam Anak Indonesia Hebat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar