Jumat, 18 Maret 2016

Menggali Potensi Anak Sejak Dini



Buat para ibu semua saya mau berbagi resep bagaimana kita bisa menggali potensi dari anak kita. Umumnya, sekolah-sekolah mengikuti kurikulum yang diberikan pemerintah. Berbeda halnya dengan Sekolah lain. Sekolah tempat saya mengajar tidak mengikuti mentah-mentah kurikulum pada umumnya. 

 Di sekolah, kami mengolah metode pembelajaran menjadi menyenangkan buat anak-anak. Dengan harapan kami dapat mengembangkan potensi yang ada pada masing-masing anak didik kami. Sekolah kami berusaha menanamkan kepada siswa-siswanya agar senang menggambar, membaca, dan mengarang. Maka, perbedaan sekolah kami dan sekolah-sekolah yang lainnya ialah, siswa-siswa Kami jauh lebih pintar untuk bisa mengarang dan berimajinasi sesuai dengan bakat dan minat yang mereka miliki.


                                                      Ilustrasi karya anak TK Di sekolah.


 Kami menggunakan lego sebagai alat peraga belajar sambil bermain. Bermain mengggunakan lego mampu mengasah kemampuan otak kanan dan otak kiri dan anak didik. Lego mampu meningkatkan kemampuan berhitung, berbahasa, logika berpikir, motorik, dan sosial emosi dari masing-masing anak didik. Banyak hal yang bisa kita bentuk atau rancang menggunakan media lego. 


                                                                           Lego Dino


 Pada dasarnya, sekolah berusaha menanamkan kepada siswa-siswanya agar senang menggambar, membaca, dan mengarang. Siswa-siswa kami diajak untuk bisa mengarang dan berimajinasi sesuai dengan bakat dan minat yang mereka miliki. Kalau mengarangkan datangnya dari anak, jadi mereka harus kenal dulu objek yang akan mereka karang, dan biasanya kita awali dengan menggambar. Itu yang kami ajarkan kepada anak-anak. 
                                                                            ilustrasi

Membaca atau baca juga merupakan kegiatan yang menyenangkan dan sangat baik untuk perkembangan karakter anak. Baca itu bisa baca alam. Jadi membaca itu bisa langsung mengamati secara langsung, karena dengan mengamati langsung mereka akan jauh lebih paham ketimbang baca dari buku cetak. 


 Masih banyak lagi potensi yang bisa kita gali dari anak kita, melalui kegiatan yang mampu mengembangkan potensi akademik dan kemampuan karakter masing-masing anak. Sebagai orang tua kita tinggal mempersiapkan yang terbaik untuk anak kita agar mereka memiliki masa depan yang lebih cerah. Terima kasih udah menyempatkan diri untuk membaca blog saya semoga para ibu mendapat ilmu dan inspirasi baru setelah membaca blog saya ini. Sampai jumpa kembali di lain waktu. Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar