Rabu, 30 Maret 2016

Cara Mengajarkan Anak Untuk Lebih Bertanggung-jawab




Mengajar tanggung jawab kepada anak-anak adalah salah satu pekerjaan yang kita miliki sebagai orang tua. Ini seperti menakutkan, tetapi hal ini sangat diperlukan. Banyak orang dewasa tidak mengerti akan makna dari tanggung jawab, bukan hanya untuk diri mereka sendiri tapi juga untuk orang lain. Kita harus sangat keras ketika mengajarkan tanggung jawab kepada anak kita. Anak-anak yang tumbuh menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab biasanya memiliki beberapa pedoman dalam hdiup mereka. Mereka telah diberi kesempatan untuk berkontribusi pada rumah tangga dalam beberapa bentuk, mereka juga diajarkan tentang uang dan diberikan kemandirian untuk belajar mengandalkan diri mereka sendiri.

Meskipun anak-anak harus diperbolehkan untuk menjadi anak-anak saat mereka tumbuh dewasa, mengajar mereka tanggung jawab dari usia muda adalah sama pentingnya. Salah satu cara untuk mengajar mereka ini adalah melalui tugas-tugas. Memiliki tanggung jawab di sekitar rumah, dan memberikan kontribusi untuk keluarga, dapat membantu mereka belajar bertanggung jawab. Tugas juga mengajarkan mereka tentang rasa hormat. Mereka belajar untuk menghormati apa yang orang tua mereka lakukan untuk mereka, mainan dan barang-barang yang diberikan kepada mereka dan menghormati kemampuan mereka sendiri untuk berkontribusi dengan cara yang berarti.

Salah satu kesulitan terbesar bagi orang dewasa saat ini adalah mengelola uang. Memberikan anak Anda uang saku adalah langkah pertama dalam mengajar mereka tentang bertanggung jawab secara finansial. Untuk mendapatkan uang saku mereka, anak-anak harus menyelesaikan tugas-tugas mereka seperti yang akan mereka temui setiap hari. Ajarkan mereka tentang menyimpan dan menghabiskan serta bertanggung jawab. Tapi kemudian mungkinkan mereka untuk membuat keputusan sendiri. Ini adalah di mana mereka dapat dengan aman melakukan kesalahan tentang uang dan belajar bagaimana menanganinya untuk keuntungan bagi diri mereka sendiri. Ini juga di mana anda dapat mengajarkan mereka tentang amal, sehingga sebagai orang dewasa mereka akan mengetahui tidak hanya bagaimana menjadi bertanggung jawab untuk dirinya sendiri, tetapi juga bagaimana untuk membantu orang lain.

Banyak orangtua modern menjaga anaknya layaknya membungkus anaknya menggunakan plastik. Tetapi anak memiliki beberapa ukuran kebebasan adalah di mana mereka belajar untuk mengandalkan diri mereka sendiri. Anak-anak belajar tanggung jawab dengan yang dilakukan untuk menghadapi konsekuensi dari tindakan mereka. Jangan mencoba untuk melindungi mereka. Biarkan mereka sepenuhnya jadi diri mereka sendiri. Belajar dari membuat kesalahan dan itu lebih baik. Jangan takut untuk membiarkan anak Anda menghabiskan waktu sendiri atau takut untuk membiarkan mereka membuat keputusan tentang waktu mereka, hobi dan teman-teman. Beri mereka kebebasan yang mereka butuhkan untuk tumbuh menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab yang tahu bagaimana mengurus diri sendiri.

Mengajar anak-anak untuk bertanggung jawab bukanlah hal yang mustahil. Meskipun ada banyak orang dewasa di dunia yang tidak tahu arti tanggung jawab. Hal ini tidak harus terjadi untuk anak-anak Anda. Ajarkan mereka untuk berkontribusi melalui tugas-tugas yang sesuai dengan usia mereka. Dan ajarkan mereka untuk lebih menghargai apa yang Anda lakukan untuk mereka. Beri mereka uang saku mingguan atau bulanan ketika mereka telah menyelesaikan tugas-tugas mereka dan memungkinkan mereka untuk menghabiskan itu sesuai dengan keinginan mereka. Mereka akan belajar mengatur keuangan yang akan terbawa hingga mereka tumbuh dewasa. Memberi mereka kebebasan untuk belajar dan menghibur diri mereka sendiri, membuat keputusan sendiri untuk hidup dengan konsekuensi dari keputusan tersebut. Beri mereka fondasi dasar dari tanggung jawab di masa kecil dan Anda telah mengajarkan mereka untuk menjadi orang dewasa yang dibutuhkan dunia. Salam Lima Jari. Salam Anak Indonesia Hebat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar