Selasa, 22 Maret 2016

Kegiatan Bermanfaat Tanpa Fasilitas Teknologi

6 Kegiatan Menghibur dan Bermanfaat yang Bisa Dilakukan Bersama Anak tanpa Fasilitas Teknologi. Pengaruh teknologi sekarang ini sudah begitu melekat dengan anak-anak. TV, DVD, permainan komputer, internet, media sosial, smartphone, dan sebagainya. Anak-anak biasanya asik sendiri sampai lupa waktu saat menggunakan gadget tersebut. Namun tidak hanya anak-anak, orangtua pun dikhawatirkan juga asik sendiri dengan gadget yang dimilikiny, sehingga waktu bersama keluarga kurang maksimal diciptakan. Berikut beberapa hiburan yang masih bisa diberikan dan dilakukan bersama-sama tanpa memanfaatkan alat-alat teknologi tersebut, tetap tetap menghibur dan bermanfaat. Yuk disimak ya bunda. 

 1. Pesawat Kertas
 Permainan klasik ini tetap menjadi favorit bagi anak-anak. Ajarkan lah bagaimana membuat pesawat dari kertas, bisa menggunakan kertas warna-warni agar terlhiat lebih menarik, dan kemudian ajak untuk berlomba menerbangkannya. Atau buat pesawat kertas sebanyak mungkin sebagai hiasan di kamar mereka.

                                                     Ilustrasi bermain pesawat kertas

 2. Membuat cerita 
 Kegiatan ini bisa mengasah imajinasi anak sehingga menimbulkan motivasi mereka terhadap sesuatu keinginan atau cita-cita. Misalnya dengan membuat cerita bersama mengenai liburan sekolah. Atau misalnya mengenai cita-cita mereka kalau besar nanti. Anak-anak akan mengingat terus cerita yang dibuatnya sehingga bisa menjadi motivasi mereka.

                                                                    Ilustrasi menulis

 3. Tebak gambar. 
 Sediakan kertas gambar kosong, lalu gambar lah hal yang mudah untuk anak-anak tebak. Misalnya gambar hewan, mainan, tanaman, dsb. Dan berikan kesempatan kepada anak Anda untuk melakukan hal sebaliknya.


                                                              Ilustrasi bermain tebakan

 4. Membuat Peta 
 Untuk melatih ingatan dan kecerdasan otak anak, mulai lah untuk membuat peta bersama. Tidak perlu peta yang sulit, buatlah peta tempat-tempat di sekitar rumah dan beberapa akses jalan menuju sekolah atau tempat lainnya yang mereka ketahui.

                                                              Ilustrasi membuat peta

 5. Membuat Kreativitas 
 Asahlah kreativitas anak-anak dengan membuat barang-barng yang mudah dan bermanfaat. Misalnya saja membuat scrapbook, aksesoris dari pita, menghias bola, menggambar baju atau tie-dye, membuat rekaman musik bersama, mengecat kamar anak, dan lain sebagainya.

                                                         ilustrasi anak sedang berkreatifitas

 6. Bermain lego atau balok kayu
Bermain menggunakan mainan lego dan balok kayu sangatlah menyenangkan bagi anak. Banyak hal yang bisa anak lakukan dengan lego dan balok kayu seperti: merancang gedung, binatang, robot, dll. Bermain menggunakan lego ataupun balok kayu juga mengasah kemampuan motorik, logika berpikir, serta sosial emosi dari anak kita.

                                                     ilustrasi merancang menggunakan lego

 7. Eksperimen Sains  
Menanam Tumbuhan Ini adalah cara yang tepat untuk menganalkan anak terhadap lingkungan. Menumbuhkan kecintaan anak terhadap alam dan mengajarkan bagaiamana mereka menghargai alam dan lingkungan. Selain itu juga secara ilmiah menambah pengetahuan anak mengenai proses pertumbuhan tanaman buah, sayur, maupun yang lainnya. Mulai lah dari yang termudah, misalnya menanam biji bunga matahari, biji cabai, umbi-umbian, bumbu masak, atau pohon buah mangga. Terus lah bertahap ajarkan jenis-jenis pupuk dan beritahu perbedaan kegunaan masing-masing pupuk, bagaiman cara memberinya, dan ingatkan terus untuk menyiram dan memantau perkembangan tanamanya yang ditanam.

                                                       ilustrasi anak sedang menanam

 8. Berolahraga 
 Untuk menjaga kesehatan keluarga, jadwalkan minimal seminggu sekali untuk melakukan kegiatan di luar rumah. Ajak lah anak ke taman kota atau tempat-tempat umum lainnya untuk lari pagi ataupun bersepeda. Kegiatan ini tidak hanya menghibur tetap juga menyehatkan. Masih banyak lagi kegiatan dan kreativitas yang bisa dilakukan tanpa menggunakan fasilitas teknologi yang ada. Inti sari dari semuanya itu adalah meningkatkan kesadaran bagi seluruh anggota keluarga mengenai kebersamaan dan kekeluargaan.
                                                         ilustrasi bermain bola dengan keluarga


Tidak ada komentar:

Posting Komentar