Selasa, 08 Maret 2016

Belajar Aktif Dengan Hati Yang Utuh





Dear Mommies, sebagai seorang guru di sebuah sekolah swasta di Medan. Saya  mau share nih tentang metode pembelajaran Active Learning. Apa manfaatnya serta mengapa harus belajar dengan metode ini. Chekidott Mommies.
Pertama-tama kita analisa dulu apa itu  pengertian dari Active Learning. Active Learning pada dasarnya merupakan strategi pembelajaran berbasis pada siswa atau anak didik. Istilah lainnya disebut dengan student centered atau kegiatan yang berorientasi pada aktivitas peserta didik.
Dengan kata lain metode Active Learning ini lebih menggali kemampuan analisa dan daya berpikir dari anak kita. Dengan tujuan mengembangkan kemampuan mereka dari waktu ke waktu. Dalam metode Active Learning, setiap materi pelajaran harus dikaitkan dengan berbagai pengetahuan dan pengalaman yang ada sebelumnya. Materi tersebut juga harus disajikan dengan cara yang aktif dan menarik.
 Nah ini ada nih pendapat dari pakarnya Mommies. 2400 tahun yang silam Confucius mengatakan: “Apa yang saya dengar, saya lupa. Apa yang saya lihat, saya ingat. Apa yang saya lakukan, saya paham”. (Mulyasa, 2004:241) mengatakan: Agar murid dapat belajar secara aktif guru perlu menciptakan strategi yang tepat guna sedemikian rupa, sehingga peserta didik mempunyai motivasi yang tinggi untuk belajar.
So secara simple menurut saya pembelajaran Active Learning ini adalah sebuah cara pembelajaran yang mampu membuat anak didik tidak hanya sekedar menjadi pendengar, tetapi anak didik diajak lebih aktif berkontribusi dalam sebuah pembelajaran (learing by doing). Guru dan murid menjadi partner di dalam kelas menciptakan suasana pembelajaran yang menarik serta menemukan strategi-strategi baru dalam mengikuti pembelajaran.
Apa aja sih manfaat yang bisa kita dapat jika kita menerapkan metode pembelajaran ini kepada anak kita?.  Coba kita lihat yang dibawah ini ya Mommies:
·         Pertama anak kita akan berkembang kemampuan kreatifnya (CQ)
·         Kedua anak kita akan berkembang kemampuan bernalar, sikap dan keterampilan ilmiahnya (IQ)
·         Ketiga anak kita akan berkembang kecerdasan emosinya (EQ)
·         Keempat anak kita akan berkembang kecerdasan religiusnya/spiritualnya (RQ)
·         Kelima anak kita akan berkembang kecerdasan sosialnya (SQ).
Waaah ternyata banyak ya manfaatnya Mommies. Anak kita diajarkan untuk memiliki kemampuan secara utuh bukan hanya sekedar utuh. Tapi juga nyata melibatkan Tuhan dalam tumbuh kembang anak kita. Namun semua perkembangan diatas tidak akan sempurna jika tidak ada kerjasama yang baik antara rumah dan sekolah. Perkembangan setiap anak akan sangat terasa perngaruhnya jika rumah dan sekolah sudah menjadi satu kesatuan yang utuh. Guru, orang tua, dan anak didik adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.
Oleh karena itu para Mommies hendaklah bijak dalam memilih sekolah untuk buah hatinya. Pilihlah sekolah yang paham akan kebutuhan anak kita. Pilihlah sekolah yang mau bekerjasama dengan para Mommies untuk memperkuat tumbuh kembang anak kita. Berilah waktu bersama dengan anak untuk sekedar membaca buku cerita atau mengekplorasi sebuah benda agar anak kita terbiasa dibentuk dengan lingkungan yang hangat dan penuh dengan kasih sayang. Baik dari orang tua maupun gurunya di sekolah.
Semoga ulasan saya kali ini dapat memberi masukan yang positif untuk para Mommies semua yaa. Sampai jumpa kembali di pembahasan berikutnya ya Mommies.
 Next saya akan mencoba mengulas kegiatan-kegiatan kreatif yang bisa kita lakukan bersama dengan buah hati kita di rumah yang mampu mengembangkan kemampuan CQ, IQ, EQ, RQ, dan SQ dari buah hati para Mommies sekalian.
Salam lima jari, Salam anak Indonesia hebat. God Bless Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar