Selasa, 26 April 2016

Ajarkan Anak Sikat Gigi Sejak Dini




Gigi merupakan bagian dari tubuh yang berfungsi untuk membantu kita mengunyah makanan. Gigi harus terus dirawat dengan menyikat/menggosoknya setiap hari setelah makan dan sebelum tidur. Kebiasaan ini harus dijaga setiap hari dan ditularkan sejak dini kepada si kecil.

Menggosok gigi merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan. Namun menggosok gigi bukan hal yang mudah karena membutuhkan tekhnik tertentu agar gigi terlihat sehat dan kuat. Menyikat gigi merupakan kebiasaan yang sebaiknya dilakukan sejak dini. Jika memang telah terbiasa, maka faktanya tidak akan banyak orang yang mengeluhkan gigi mereka bermasalah

Saat usia anak semakin bertambah dan anak sudah mulai mengkonsumsi berbagai jenis makanan, seperti makanan manis, jus, coklat, permen, snack dan lain sebagainya. Makanan manis yang dikonsumsi si kecil akan dapat merusak kesehatan gigi si kecil dan dapat menimbulkan masalah gigi berlubang, gigi keropos berwarna hitam hingga bau mulut yang tidak sedap. oleh karena itu, penting sekali untuk setiap orangtua agar mengajarkan gosok gigi secara teratur pada anak.

Cara pencegahan yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan gigi anak adalah dengan mengenalkan pentingnya perawatan gigi sejak dini, yakni sejak anak memiliki gigi untuk pertama kali. Kita dapat membiasakan menyikat gigi mereka dengan baik dan benar setidaknya 2 kali sehari. Jika anak kita baru mempunyai satu gigi, kita dapat memulainya dengan menggunakan kain kasa untuk membersihkan gigi mereka. Lalu, setelah tumbuh gigi-gigi berikutnya, kita dapat mengajarkan mereka menggunakan sikat gigi. Langkah berikutnya adalah dengan meminimalisir sebisa mungkin penggunaan botol susu dan empeng bayi, terutama saat mereka akan tidur agar sisa-sisa susu tidak tertinggal di gigi dan gusi serta bentuk gigi akan tetap terjaga dari sedotan mereka yang terlalu kuat.


Nah,. berikut ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengajarkan anak kita menyikat gigi mereka sendiri:

1. Coba Ajarkan Anak Menyikat Gigi Mereka Sendiri Sejak Usia Dini

Mengajarkan anak menggosok gigi akan lebih mudah jika anda melakukannya sejak usia dini. Anda bisa melakukannya sejak anak masih bayi ketika anak belum memiliki gigi. Anda bisa mulai membasuh gusi-gusi lembutnya dengan tisu basah atau kain lembut setelah anak selesai menyusu atau makan. Diusia ini anak belum diperkenankan untuk menggunakan pasta gigi. Nah, setelah anak berusia dua tahun atau baru anda bisa mulai memberikan pasta gigi dan mengajarkan secara rutin pentingnya menggosok gigi.


2. Biarkan Anak Memilih Sikat Gigi dan Pasta Giginya Sendiri


Agar minat anak semakin besar untuk mau menggosok gigi maka biarkan mereka menetukan pasta gigi dan sikat gigi seperti apa yang mereka inginkan. Saat ini sikat gigi dengan bentuk dan warna-warna cantik banyak tersedia di supermarket, ajaklah anak untuk memilih salah satunya yang mereka inginkan. Dengan demikian mereka akan lebih bersemangat untuk menggosok gigi.


3. Temukan Cara Menggosok Gigi yang Menyenangkan Untuk Anak

Berikan penjelasan kepada anak tentang pentingnya menggosok gigi untuk membasmi 'monster, bakteri atau kumpulan plak yang bersarang pada gigi yang dapat mengakibatkan kerusakan gigi. Untuk membuat hal ini menjadi lebih menarik, anda bisa memberikan cerita-cerita menarik seputar gigi atau menggambar betuk gigi yang dirusak oleh 'monster' (bakteri) jika tidak dibersihkan. Dengan begini anak akan tertarik untuk menggosok gigi dan merawat kebersihan giginya.

4. Ajak Anak Menggosok Gigi Bersama

Mengajak anak untuk menggosok gigi tidak cukup hanya dengan teori, anak juga perlu mengetahui jika orangtuanya melakukan hal yang sama untuk merawat giginya. Untuk itu, tidak ada salahnya jika anda membarengi anak ketika gosok gigi. Saat menyikat gigi bersama, orangtua bisa mengevaluasi sedikit tentang cara menggosok gigi yang benar agar nantinya anak terbiasa untuk menggosok gigi dengan tepat.

Gimana informasi cukup bermanfaat kan buat Bunda semua. Salam Lima Jari. Salam Anak Indonesia Hebat..  




1 komentar:

  1. Anda Bosan Menjadi Pemain Dan Ingin Menjadi Bandar??? Temukan Solusinya Hanya Di PesonaQQ.com

    Penawaran Special Dari PesonaQQ Untuk Anda Yang Bergabung Hari Ini Juga :

    =>> Bonus Turnover 0.3% - 0.5% (Perminggu)
    =>> Bonus Referensi 20% (Seumur Hidup)

    Keuntungan Anda Yang Bergabung Bersama Kami Di PesonaQQ :

    *Data Anda Aman Bersama Kami
    *Pelayanan Customer Service Yang Ramah 24/7
    *Tersedia 7 Permainan Dalam 1 Web Yang Sesuai Dengan Skill Anda (Poker, Domino QQ, Capsa Susun, Adu Q, Bandar Q & Bandar Poker)
    *Bonus TURNOVER Yang Melimpah & Bonus REFERENSI Yang Berlaku Seumur Hidup
    *Hanya Dengan 1 Akun Anda Sudah Bisa Bermain Semua Game Di PesonaQQ.com

    Kalau Bukan Sekarang Kapan Lagi???

    Ayok Tunjukkan Skill Anda Sekarang Juga, Hanya Di PesonaQQ.

    BalasHapus