Rabu, 27 April 2016

Tips Mengajar Pramuka Yang Menyenangkan Bagi Anak





Tepuk Pramuka,,,, Setiap kita sudah pasti kenal dengan tepuk yang satu ini. Tepuk Pramuka sudah dikenalkan sejak kita masih duduk di Sekolah Dasar. Kita belajar disiplin, baris-berbaris, dan belajar kemandirian melalui kegiatan ini. Pramuka merupakan suatu kegiatan diluar ruangan yang sangat mengasyikan. Di dalam pramuka banyak sekali kegiatan yang mendidik seperti halnya bermain jelajah, melewati gorong-gorong, lintasan tali, flying fox, survival, sandi dan masih banyak lagi.

Bermain dan menyatu dengan alam mungkin itu adalah sasaran dari pembelajaran pramuka yang diberikan kepada anak-anak sejak mereka masih sekolah. Masi banyak siswa-siswi di kota besar mengganggap kegiatan Pramuka kurang menarik dan cenderung membosankan. Apalagi yang dipelajari lagi-lagi morse, semaphore dan tali temali. Menurut mereka semaphore dan morse sudah ketinggalan zaman karena sekarang sudah ada SMS, email, dan ponsel untuk berkomunikasi. Sedangkan tali temali sudah berganti dengan paku dan sekrup untuk memperkokoh kayu, bambu atau besi.

Namun yang tetap apapun itu anak harus merasakan seni-seni pembelajaran pramuka walaupun dikatakan ketinggalan jaman. Seni belajar pramuka ini akan sangat berguna suatu saat jika mereka berada dalam situasi darurat ataupun mereka sedang dalam lokasi yang sangat terpencil. Seyogianya belajar itu tidak hanya melulu menggunakan teknologi belajar dengan gaya old school seperti pramuka juga snagat penting untuk perkembangan karakter anak.

Kegiatan baris-berbaris juga sangat diperlukan saat ini, karena kita tidak tahu apakah nanti ada diantara peserta didik yang menjadi tentara atau polisi, sehingga mereka tidak akan canggung lagi mengenai baris berbaris. 

Nih saya punya beberapa tips bagaimana membuat latihan pramuka itu menjadi menyenangkan.. Chekidotzzzz...

1. Ciptakan games-games yang menarik


Pramuka itu indentik dengan permainan atau games. Setiap anak akan sangat suka bermain games dan mereka akan selalu tertantang jika diberikan games yang baru yang mengasah kemampuan motorik ataupun daya analisa berpikir mereka. Jika ingin anak fokus dan merasa tertarik dengan latihan pramuka ajak mereka bermain games yang menyenangkan disetiap latihan diadakan.

2. Menampung aspirasi anak didik

Terkadang guru tidak menghiraukan atau tidak menampung aspirasi ataupun ide yang datang dari murid. Padahal jika kita melakukan itu anak-anak akan merasa lebih dihargai dan senang berkegiatan dengan kita.

3. Memberi kesempatan yang adil kepada group dengan cara bergiliran

Memberi selingan kepada atau pergantian mata acara dan kesempatan yang adil kepada group secara bergiliran akan membuat anak merasa mendapat perlakuan yang sama.

4. Beri motivasi khusus kepada anak agar lebih bersemangat

Ada kalanya setiap anak merasa down atau tidak mampu mengerjakan tugas yang diberikan kepadanya. Anak perlu diberi motivasi dan pendampingan agar mereka lebih bersemangat dan percaya diri dalam menyelesaikan tugas dalam latihannya.

5. Tidak perlu menegur anak di depan teman-temannya

Kita tidak perlu menegur anak jika dia memiliki kesalahan di depan teman-temannya. Karena anak juga punya privasi dalam hidup mereka. Mereka tidak akan suka dipermalukan di depan umum apalagi di depan teman-temannya. Jadi sepertinya jika kita hendak menegur anak lakukan secara baik-baik dan tidak dihadapan teman kelasnya.

Semoga info dari saya kali ini bermafaat bagi kita semua. Tetap ajarkan anak dasar-dasar pramuka demi perkembangan karakter mereka yang lebih baik. Salam Lima Jari. Salam Anak Indonesia Hebat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar