Selasa, 26 April 2016

Pentingnya Menjaga Kesehatan Anak





Kesehatan anak merupakan segalanya dalam kehidupan kita sebagai orang tua. Kita akan terlihat gusar bahkan cenderung sedih jika melihat buah hati kita jatuh sakit. Ada banyak hal dan faktor penyebab anak kita sakit, penyakit itu bisa datang dari makanan, minuman, ataupun tertular dari teman ataupun orang lain. Anak memang lebih mudah terkena penyakit dibandingkan orang tuanya. Salah satu penyebabnya ialah kurangnya pemahaman pada anak untuk menjaga kesehatannya. Sebagai contoh seorang anak tetap merasa nyaman bermain dengan teman atau saudaranya yang sedang sakit. Seorang anak tetap suka minum es walaupun ia sedang tidak sehat. Oleh karena itu sebagai orang tua kita harus mampu menjaga kesehatan si buah hati agar tidak mudah terserang penyakit.

Sudah banyak tulisan yang membuat berita tentang bagaimana menjaga kesehatan anak. Semua berita itu bermanfaat bagi tumbuh kembang buah hati kita. Dokter spesialis anak pun sudah sangat banyak sehingga kita tidak perlu terlalu khawatir dengan kesehatan dari buah hati kita. Namun tidak akan pernah ada orang tua yang ingin buah hatinya jatuh sakit, mungkin beberapa hal dibawah ini mampu memberi inspirasi bagi kita semua.


1. Jaga Pola Makan Buah Hati Kita

Pola makan yang dimaksud adalah kebutuhan akan nutrisi, vitamin, dan lainnya sesuai dengan konsep 4 sehat 5 sempurna. dengan kata lain makan tidak berlebihan harus pas

2. Menjaga Kebersihan

Hal ini merupakan yang sangat penting bagi anak-anak, karena anak sangat sulit menjaga kebersihan anggota tubuh mereka, bahkan kebersihan makanan yang mereka makan setiap hari. Alangkah lebih baiknya kita menjaga makanan anak dengan tidak memberi mereka uang untuk jajan di sekolah, dan menyiapkan makan siang mereka untuk dibawa setiap hari ke sekolah.

3. Istirahat yang cukup

Anak kita sangat suka tidur berlama-lama, karena di dalam benak mereka hanya ingin bermain. Namun sebagai orang tua yang bijak kita seharusnya membatasi jam bermain anak dan memberi mereka waktu beristirahat yang cukup, agar mereka menjadi lebih sehat dan mampu fokus dalam mengerjakan segala hal.

4. Responsive/ bertindak cepat

Responsive/cepat bertindak maksudnya kita harus cepat menanganinya jika anak kita mengalami gejala seperti sakit kepala,batuk,demam atau penyakit lainya agar tidak terlambat. Mengajari anak untuk hidup sehat itu mudah jika anda tau caranya. dengan mengajari anak untuk selalu menjaga kebersihan seperti cuci tangan sebelum makan atau yang lainya.

5. Jangan Melindungi Terus

Memberi kepercayaan penuh kepada anak untuk bermain tanah atau air akan membuat tubuhnya ‘mengenal’ berbagai kuman, virus, atau bakteri. Dari pengenalan itulah tubuh akhirnya mampu menghasilkan antibodi untuk melawan kuman, virus, atau bakteri tersebut. Dengan demikian anak tidak akan mudah sakit. Hal ini berbeda dengan anak yang selalu dijaga terus. Tubuhnya tidak mampu ‘melawan’ jika ada penyakit datang karena tidak pernah ‘berkenalan’ dengan sumber penyakit. Namun perlu diingat sebagai orang tua kita tetap memberikan rambu-rambu sampai sejauh mana anak boleh bermain.

Semoga langkah-langkah di atas mampu memberi informasi yang cukup bagi Ayah dan Bunda sekalian. akhir kata Salam Lima Jari. Salam Anak Indonesia Hebat.



1 komentar:

  1. Setuju, yang terpenting adalah selalu memperhatikan asupan anak. karena 70% Alergi Anak timbul karena makanan. Belajar dalam melihat gejala dan mendiagnosis lebih awalmempu mencegah dan menyembuhkan dengan cepat

    BalasHapus