Kamis, 28 April 2016

Bahaya!! Jika Anak Sering Jajan Sembarangan




Jajanan, merupakan unsur yang terlepas dari anak-anak. setiap sekolah memiliki kantin tempat para pedangang berjualan jajanan kepada anak. Yang paling bahaya adalah jajanan yang ada di depan sekolah. Kita tidak tahu darimana bahan pembuat makanan dan minuman tersebut dan anak kita diam-diam membeli dan memakannya dalam jangka waktu yang panjang, sehingga mampu memicu timbulnya berbagai penyakit pada anak.

Nah Ayah dan Bunda tau ga dengan panganan yang satu ini "saus tomat". Tidak sedikit saus tomat yang beredar terbuat dari ubi, cuka, dan zat warna tekstil (rhodomin-B). Zat warna tekstil inilah yang diperkirakan berpotensi menimbulkan keluhan tersebut. Tidak hanya sekadar pusing belaka yang ditakutkan, melainkan juga bahaya jangka panjangnya. Zat warna tekstil jenis itu bersifat pemantik munculnya kanker bila dikonsumsi rutin untuk waktu yang sama. Kita menyaksikan yang ada di meja makan warung nasi, penjual bakmi bakso, dan kantin sekolah, kemungkinan besar jenis saus tomat semacam itu. Kalau tidak, kenapa harganya murah sekali? Kita patut untuk curiga,  Kenapa ada saus tomat semurah itu.

Psikolog Universitas Indonesia, Mayke S. Tedjasaputra mengatakan, untuk mencegah kebiasaan jajan anak harus dimulai dari pola makan keluarga. Salah satu cara adalah membuat "kudapan tandingan" yang tidak kalah enak dari jajanan yang dapat dibeli di luar rumah. Orangtua juga harus memberikan contoh kepada si kecil dengan mengonsumsi makanan sehat di rumah.

Menurut Mayke, "Orangtua harus bertindak tegas terhadap kebiasaan kurang baik itu. Bertindak tegas bukan berarti harus dengan cara kekerasan membentak atau lainnya, tetapi anak dibatasi untuk jajan," katanya.

Tak hanya itu, Mayke juga mengatakan bahwa kebiasaan jajan dapat mengurangi nafsu makan anak di rumah, apalagi jika makanan yang ia beli tidak bergizi dan tidak sehat. Justru akan membahayakan kesehatan si kecil.

Lalu bagaimana donk cara mengatasi kencenderungan anak jajan di sekolah?? Nih ada beberapa tips untuk mengatasi anak yang doyan jajan di sekolahan:

1. Batasi Uang Jajan Anak

Agar anak tidak terbiasa jajan, Ayah dan Bunda bisa membatasi uang jajan yang mereka bawa ke skeolah. Dengan berkurangnya uang jajan mereka, secara otomatis mereka tidak akan bisa jajan di sekolah.

2. Beri Makanan Yang Sehat Pada Anak Untuk Dibawa Ke Sekolah

Solusi lain yang bisa kita lakukan adalah memberikan anak kita makanan yang sehat yang bisa dibawa anak ke sekolah. Anak kita pelu dibiasakan membawa makanan yang sehat agar tercipta budaya makan makanan sehat dalam hidup mereka kelak.

3. Perhatikan Makanan Favorit Anak

Setiap anak memiliki makanan favoritnya masing-masing. Mereka akan sangat senang dan bahagia jika diberi bekal atau makanan yang mereka sukai setiap hari untuk dibawa ke sekolah.

4. Ajak Anak Berhemat dan Belajar Menabung

Mengajari anak berhemat dan menabung sejak dini sangatlah baik untuk perkembangan karakter anak. Anak akan terbiasa untuk hidup hemat dan memiliki tabungan yang akan bisa mereka pergunakan di masa yang akan datang.

5. Beri Contoh Kepada Anak Untuk Memakan Makanan Sehat

Terkadang kita sebagai orangtua lupa apakah sudah memberikan contoh yang baik kepada anak kita. Orangtua juga sering lupa makan makanan yang sehat sehingga anak akan mencontoh perilaku orangtuanya, dan ketika mereka kia ingatkan untuk makan makanan yang sehat. Mereka akan menolaknya karena tidak mendapat contoh dari orangtuanya sendiri.

Nah Gimana Ayah dan Bunda. Informasinya bermanfaatkan. Semoga terinspirasi. Salam Lima Jari. Salam Anak Indonesia Hebat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar