Kamis, 05 Mei 2016

Cara Agar Anak Tidak Mudah Sakit






Anak merupakan titipan dari Tuhan yang paling berharga. Kita sebagai orangtua tidak akan rela jika sibuah hati kita jatuh sakit akibat perubahan cuaca. dimasa musim penghujan seeperti sekarang ini, kita harus mempersiapkan si kecil dalam menghadapi perubahan iklim yang sangat tidak menentu saat ini. Bagaimana cara agar Anak kita tidak mudah sakit? mungkin itu adalah pertanyaan dari banyak orangtua di seluruh dunia.

Saat ayah dan ibu menjaga si kecil agar tidak terserang penyakit, bukan berarti si kecil harus tinggal di dalam rumah terus. Sistem kekebalan tubuh mereka harus di aktivasi dan dilatih, salah satunya dengan memberikan kesempatan pada tubuhnya untuk berinteraksi dengan lingkunganya. Jadi kalau si buah hati bermain debu atau kotor-kotoran sedikit, tidak apa-apa hanya setelahnya pastikan si kecil membersihkan dirinya.

Anak yang terlalu diproteksi dalam rumah justru cenderung lebih mudah sakit karena sistem kekebalan mereka tidak pernah berlatih menghadapi dunia luar. Agar si kecil terhindar dari serangan penyakit berbahaya tanpa harus mengekang aktifitasnya, ini ada beberap saran dari para ahli untuk para orangtua yang ingin anaknya tetap sehat.

Pola makan yang teratur. mungkin ini menjadi salah satu kunci sukses seorang ibu dalam menjaga kesehatan buah hatinya. Agar anak tidak mudah sakit, Ibu harus memperhatikan pola makan anak serta kebutuhan gizi lainnya seperti vitamin dan nutrisi. yang pasti beri makan anak dengan teratur dan terjadwal, dan tidak lupa juga untuk memberikan makanan 4 sehat 5 sempurna, karena jika ini terpenuhi, anak akan cukup mendapatkan asupan gizi sehingga imunitasnya pun semakin kuat, jadi anak tidak akan mudah untuk sakit.

Rajin berolahraga ternyata mampu membuat buah hati kita juga tidak gampang jatuh sakit loh bunda. Studi menunjukkan bahwa olahraga ringan yang dilakukan rutin setiap hari dapat mengurangi resiko anak-anak terserang flu, karena metabolisme tubuh yang aktif bergerak mampu meningkatkan sirkulasi kekebalan tubuh untuk melawan infeksi virus. Biarkan mereka aktif sepanjang hari agar anak tidak mudah sakit.

Kebersihan. Siapa yang tidak tahu kalau kotoran dan kuman merupakan sarang penyakit, bahkan bibit penyakit yang terdapat di dalam kotoran akan mudah berkembang, untuk itu sebagai orang tua yang sangat menyayangi anaknya, kita harus wajib menjaga kebersihan sekitar serta makanan yang dimakan anak, dan hal yang perlu diperhatikan juga adalah menjaga kebersihan gigi, kuku, dan pakaian anak, karena dari itulah sumber terkecil kuman untuk menyerang sistem imunitas atau kekebalan tubuh anak.

Istirahat yang cukup. Merupakan kewajiban bagi anak balita. Mereka membutuhkan waktu tidur selama 11-13 jam per hari. Setelah mereka aktif sepanjang hari, mereka akan dapat mudah terlelap di malam hari. Namun jika mereka tidak cukup tidur, risiko terserang penyakit lebih tinggi 2 kali lipat. Agar anak tidak mudah sakit, maka pastikan bahwa mereka telah mendapatkan kebutuhan tidur yang cukup.


Cekatan. Jika anak sakit kita harus bertindak cepat memberi pertolongan pertama kepadanya. Kita juga harus selalu ada jika anak membutuhkan kita. Dampingi dan berikan mereka solusi jika mereka sedang dalam kondisi tidak baik.

Sekian beberapa informasi dari saya agar anak tidak mudah sakit. Semoga informasinya bermanfaat bagi kita semua. Salam Lima Jari. Salam Anak Indonesia Hebat.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar