Senin, 02 Mei 2016

Kapan Sih Anak Lebih Cocok Memakai Behel?




Memakai kawat gigi saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang di Indonesia bahkan di seluruh dunia. Orangtua, anak muda, hingga anak kecil sudah menggunakan kawat gigi ini. Fashion. Dapat dikatakan demikian untuk pemakaian kawat gigi saat ini. Memakai kawat gigi sudah menjadi trend dikalangan anak muda dan sudah merambah ke anak sekolah.
Kita perlu mengetahui fungsi dan kegunaan dari pemasangan kawat gigi atau yang sering disebut dengan behel ini. Kegunaan utama memasang behel gigi adalah untuk merapikan letak dan susunan gigi. Maka dengan menggunakan behel dapat memperbaiki penampilan gigi, proses makan, dan berbicara. Pemasangan kawat gigi sebaiknya dilakukan oleh ahlinya, yaitu dokter gigi spesialis ortodontis.



Naah pemasangannya saja harus ke dokter spesialis gigi atau ortodontis, jadi bukan sekedar gaya aja ya memakai behel atau kawat gigi ini.

Lalu untuk anak usia 9 tahun ke bawah sudah boleh gak sih memakai behel atau kawat gigi? ini pasti menjadi pertanyaan banyak orang tua. kita cari tahu yuk..

Sebenarnya anak usia 9 tahun sudah bisa menggunakan kawat gigi. Namun tentu saja kita harus membawa ke dokter gigi terlebih dahulu agar bisa dilakukan pengecekan. Sebaiknya sejak kecil ketika anak berusia 7 tahun sebaiknya anak sudah dibiasakan konsultasi dengan dokter seperti pengecekan gigi susu yang mungkin tanggal atau pengecekan struktur kondisi rahang gigi sehingga ketika struktur gigi berantakan atau bentuk rahang yang kurang baik maka bisa dilakukan langkah perawatan sebab ketika usia anak masih muda akan menguntungkan anak sebab bisa diperbaiki dengan cepat dan mudah masalah pada gigi anak.

 Menurut Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia, Drg Zaura Rini Anggraeni. "Apabila anak ingin memakai behel, gigi taring mereka harus sudah tumbuh. Karena, gigi taring digunakan sebagai 'marker' atau tonggak dalam memasang behel. Biasanya pada usia 13-14 tahun itu sudah tumbuh,".

Drg Rini juga menambahkan pemasangan behel pada anak juga perlu memperhatikan aturan yang ada. Misalnya letak gigi taring tidak boleh diubah-ubah. Jadi, yang boleh dimaju-mundurkan adalah gigi selain taring. Selain itu, lanjut Rini, hal yang tidak kalah penting dalam pemasangan kawat gigi pada anak adalah memastikan bahwa kondisi gigi mereka dalam keadaan sehat dan melakukan observasi secara periodik ke dokter gigi untuk memastikan apakah kawat gigi boleh dipasang atau tidak.

So bapak dan ibu yang ingin memasang kawat gigi atau behel kepada buah hatinya boleh-boleh saja. Asalkan sang buah hati sudah berusia 7 tahun ke atas, dan harus dikonsultasikan kepada ahlinya dalam hal ini kepada dokter spesialis gigi/ ortodontis.

Semoga informasinya bermanfaat. Salam Lima Jari. Salam Anak Indonesia Hebat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar