Jumat, 20 Mei 2016

Jangan Rampas Impian Anak






Setiap anak memiliki impian yang sangat mulia. Mereka akan dengan polos menyebutkan mau menjadi apa mereka kelak, mereka juga sangat percaya bahwa mereka akan menjadi seperti apa yang mereka inginkan karena mereka sangat suka. 

Di Indonesia saat ini mimpi banyak anak terampas begitu saja. Banyak hak dari anak yang diambil, dilanggar dan tidak diperdulikan. Kita sama-sama ketahui bahwa Indonesia sudah merdeka 70 tahun berbagai kemajuan telah dicapai kita patut bangga menjadi anak Indonesia.

Namun, kita juga patut mempunyai mimpi tentang Indonesia di masa yang akan datang. Impian anak Indonesia saat ini ialah kami ingin agar sepuluh tahun mendatang tak ada lagi korupsi sehingga uang pendidikan tak pernah berkurang, dan disalahgunakan. Anak Indonesia ingin melihat Indonesia semakin tumbuh dan berkembang bahkan bertransformasi menjadi negara maju.

Oleh karena itu sudah seharusnya kita mendukung dan mewujudkan mimpi anak kita ini. Bagaimana caranya? coba kita perhatikan beberapa bawah ini:

Penggunaan Anggaran Pendidikan Yang Tepat Sasaran

Penggunaan anggaran  seharusnya tepat sasaran. oleh karena itu, program peningkatan kualitas pendidikan harus terarah dan berkesinambungan. Jangan sampai ganti menteri, berganti pula program yang ditawarkan

Fasilitas Pendidikan Yang Merata

Masih banyak sekolah yang kekurangan fasilitas seperti kekurangan bangku dan meja. Yang kegunaannya sangat menopang pembelajaran siswa, Terjadi kesenjangan fasilitas pendidikan di desa dan di kota yang sangat mencolok.

Tenaga pendidik Yang Berkualitas

Guru yang berkualitas akan menghasilkan pendidikan yang berkualitas. Hal ini sudah menjadi hukum sebab dan akibat. Jika kita menginginkan generasi penerus yang berkualitas sudah seharusnya kita memberi anak didik kita para guru yang berkualitas.


Mengajar dan Mendidik dengan Hati


Rasa kasih sayang pada anak didik menimbulkan rasa aman pada mereka. Ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung, mereka merasa bahagia dan senang melakuakan apapun yang ditugaskan guru. Di sanalah kita bisa menerapkan segala yang kita inginkan untuk merubah prilaku mereka sesuai dengan tujuan pendidikan yang dicanangkan pemerintah. Ketelatenan kita pada mereka sangat diperlukan, kesabaran, kepedulian layaknya orang tua di rumah sangat mereka harapkan. Kita sebagai guru harus bisa menarik simpati mereka sehingga betah di sekolah.

Kerjasama Membangun Kualitas Pendidikan Menjadi Lebih Baik

Setiap negara diseluruh dunia begitu menekankan pentingnya kualitas pendidikan. Salah satu langkah konkret untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan menetapkan anggaran pendidikan yang lebih besar dibandingkan anggaran lainnya. China dan Korea Selatan menjadi dua negara yang begitu menekankan pentingnya pendidikan bagi rakyatnya. Anggaran pendidikan di China mencapai 13,1% dari anggaran negara, sedangkan di Korea Selatan anggaran pendidikan negara mencapai 18,9%. Bandingkan dengan Indonesia yang memang menganggarkan anggaran pendidikan sebesar 20%, namun pada prakteknya masih jauh dari kenyataan. Oleh karena itu diperlukan kerjasama berbagai pihak dalam membangun kualitas pendidikan negara kita menjadi lebih baik, serta mampu dibandingkan dengan negara-negara lain.

Banyak hal yang harus kita lakukan agar dunia pendidikan Indonesia berubah menjadi lebih baik. Mari kita berkerjasama bahu-membahu membangun generasi penerus yang memiliki kualitas bersaing dengan negara lainnya. Salam Anak Indonesia Hebat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar