Senin, 09 Mei 2016

Wisata Edukasi Ke Museum




Liburan bersama keluarga sepertinya menjadi hal yang paling menyenangkan. Ketika waktu berlibur tiba para orangtua pasti sudah mempersiapkan tempat dan akomodasi yang diperlukan selama berlibur. Ada yang ke pantai, ada yang ke gunung, ada yang ke mall, dan masih banyak lagi tempat yang bisa dikunjungi bersama dengan keluarga tercinta.

Museum. heeemmm. Sepertinya akan sangat menarik jika kta mengajak keluarga tercinta terutama si kecil untuk berlibur ke museum. Selain dapat meluangkan waktu berlibur kita juga bisa memberi edukasi kepada anak kita sejak mereka masih kecil, Mereka bisa melihat warisan budaya, menonton pertunjukannya, ataupun berkunjung ke lokasi penyimpanan artefak-artefak kuno itu, sungguh merupakan ajang wisata menyenangkan.

Di Indonesia banyak loh museum-museum keren yang bisa kasih kita banyak ilmu dan menarik untuk kita kunjungi. Saya beri info beberapa museum yang layak dikunjungi bersama keluarga. Chekidotzzz


1. Museum Geologi Bandung



Museum Geologi Bandung adalah salah satu museum menarik yang juga menyimpan aneka benda unik. Museum yang ada di Jalan Diponegoro, dekat dengan Gedung Sate Bandung ini merupakan salah satu tempat dimana kamu bisa bercengkerama dengan dinasourus.
Ya, benar sekali, di Museum Geologi Bandung, ada aneka fosil para dinasaurus yang keren loh. Pasti kamu akan suka dech liburan ke museum yang satu ini.  Apalagi, tiket masuk Musem Geologi Bandung ini pun sangat murah.

2. Museum Satria Mandala



Ini dia sebuah museum keren yang pasti disukai oleh anak – anak lelaki. Museum yang dibuka sejak tahun 1972 ini berisi aneka benda bersejarah menarik tentang senjata perang loh.
Museum di Indonesia
Mulai dari aneka tank, pesawat tempur, senapan, rudal, meriam, bambu runcing, juga aneka benda bersejarah terkait perang lainnya ada disini. Koleksi diorama dengan cerita unik masing-masing pun juga bisa ditemukan disini.

3. Museum Angkut Malang



Salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi adalah Museum Angkut Malang. Museum ini memamerkan beragam benda bersejarah terkait sarana transportasi. Di museum ini, kamu bisa menemukan aneka moda transportasi yang berasal dari berbagai zaman yang tentunya unik dan menarik. Aneka koleksi mobil tua dari berbagai belahan dunia, aneka kendaraan dari berbagai zaman, kereta-kereta kuno, sampai benda-benda batuan antik dari zaman purbakala ada juga loh di Museum Angkut Malang.

4. Museum Monumen Nasional



Monumen Nasional atau Monas memang sudah jadi ikon paling terkenal dari Indonesia ya. Tau gak kalau di dalam Monumen yang ada di Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat ini, ada juga sebuah museum cantik yang bisa kamu kunjungi. Museum Monas memiliki aneka diorama, relief sejarah Indonesia, juga rekaman proklamasi yang tentunya bisa menambah wawasan dan kecintaan terhadap bangsa Indonesia yang besar ini.


5. Museum Anak Kolong Tangga

Museum Anak Kolong Tangga terletak di bawah kolong tangga concert hall Taman Budaya Yogyakarta. Museum yang digagas oleh pria berkebangsaan Belgia ini merupakan museum mainan anak-anak yang pertama ada di Indonesia. Di dalamnya sudah pasti terdapat banyak mainan. Museum ini memiliki lebih dari 10.000 koleksi yang terdiri dari mainan (toys), buku cerita, poster, gambar, dan masih banyak lagi. Koleksi tersebut tidak hanya berasal dari Indonesia namun juga dari benua lain. Museum ini juga menyediakan workshop permainan tradisional untuk 15 orang pengunjung yang mendaftar secara langsung. Museum ini buka dari hari Selasa – Jumat (09.00 – 13.00 WIB) dan Sabtu – Minggu (09.00 – 16.00 WIB).

6. Rahmat Gallery



Didirikan oleh seorang pemburu profesional dan seorang pecinta alam, Rahmat Shah, di tahun 1999, sampai sekarang museum ini memiliki koleksi kurang lebih 1000 species satwa dengan jumlah kurang lebih 3000 satwa yang diawetkan yang berasal dari berbagai negara. Museum ini terletak di Jl. S. Parman No. 309, Medan, Koleksi museum ini mayoritas didapatkan oleh Rahmat Shah dari perburuan legal dengan konsep “Konservasi dengan Pemanfaatan” yang telah dilakukan bertahun-tahun di berbagai belahan dunia. Selain itu, koleksi di museum ini juga didapat dari pemberian dan sumbangan dari berbagai kalangan, satwa yang mati di kebun binatang atau taman satwa, dan beberapa pembelian secara legal.


Gimana ni sudah cukup ya info museum yang bisa dikunjungi bersama keluarga. Mulailah terapkan wisata edukasi kepada buah hati kita sejak dini. Agar mereka terbiasa mengeksplorasi dan memiliki rasa ingin tahu yang lebih terhadap suatu hal. Terima kasih sudah membaca. Salam Anak Indonesia Hebat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar