Selasa, 24 Mei 2016

Liburan Sekolah Telah Tiba






Sebentar lagi kita akan memasuki masa liburan sekolah. Dimana anak-anak akan libur dari sekolahnya setelah setahun penuh belajar di tahun ajaran 2015/2016. Bulan Juni hingga bulan Juli merupakan bulannya liburan. Banyak keluarga sudah mempersiapkan rute dan tempat berlibur mereka bersama dengan keluarga tercinta.

Liburan sendiri memiliki makna khusus. Dimana liburan berasal dari kata ‘libur’ dengan mendapat akhiran –an. Libur dalam Kamus Kecil Bahasa Indonesia yang saya miliki berarti tidak masuk sekolah (bekerja). Maksudnya adalah kita bebas melakukan kegiatan apapun diluar kegiatan sekolah.

Liburan akan terasa lebih seru jika dilakukan dengan keluarga yang dicintai. Liburan juga membutuhkan persiapan yang sangat terperinci dan matang. Anak-anak pasti akan sangat senang jika kedua orangtuanya mengajak mereka untuk berliburan bersama. Karena bagi mereka moment kebersamaan seperti itu sangatlah jarang jika kedua orangtuanya bekerja.

Di Indonesia sangatlah lah banyak objek wisata yang menarik untuk dikunjungi mulai dari ujung Aceh hingga ke Papua. Semua tempat wisata di Indonesia memiliki keunikan dan cerita masing-masing

Indonesia punya pulau Komodo yang berisi hewan purbakala yang dilindungi dunia. Indonesia juga memiliki Raja Ampat yang sudah terkenal hingga ke mancanegara saat ini. Pulau Bali juga merupakan salah sau destinasi wisata yang menarik banyak wisatawan yang datang ke Indonesia. salah satu danau terbesar di Dunia juga ada di Indonesia. Danau Toba yang berada di provinsi Sumatera Utara.

Waaah ternyata sangat banyak dan beragam ya tempat wisata yang ada di Indonesia, kita tinggal menentukan pilihan yang bisa kita kunjungi bersama dengan keluarga tercinta. Berikut ini ada beberapa cara atau tips dalam menikmati masa liburan sekolah. Check this one out.


 1. Surveilah Terlebih Dahulu  Lokasi Liburan Yang Akan Dikunjungi



Hal utama agar liburan bersama keluarga terasa nyaman adalah memilih lokasi liburan yang sesuai dengan kondisi anak. Jangan paksakan pergi ke tempat yang terlalu jauh meskipun bagus. Jika anak Anda memiliki alergi yang serius, pastikan lokasi liburan Anda tidak akan menimbulkan masalah baru baginya. Selalu membawa obat-obatan dan survei lokasi rumah sakit terdekat jika ada keadaan darurat.


2. Coba Diskusikan Dengan Keluarga Terutama dengan Anak



Tidak ada salahnya kita mengajak anak untuk terlibat dalam perencanaan liburan keluarga. Dengan berdiskusi bersama anak kita jadi lebih tahu kegiatan apa yang disukai oleh buah hati kita, dengan tujuan kita mengetahui destinasi yang cocok untuk keluarga kita kunjungi ketika sedang liburan.


3. Carilah Waktu Yang Tepat Untuk Berlibur



Ketika kita memutuskan hendak berlibur dengan keluarga pastikanlah kita berpergian disaat low season. Kenapa seperti itu karena pada masa low season maka harga-harga hotel, barang souvenir dan makanan di suatu objek wisata tidak akan merangkak naik, Kita juga menghindari kemungkinan tempat penuh dan macet yang sangat panjang diakibatkan objek wisata sangat penuh.


4. Perhatikan Barang Bawaan



Menentukan kendaraan apa yang akan digunakan untuk berlibur dengan keluarga adalah hal penting yang harus diperhatikan karena kita bisa memilih tas dan packing untuk mempermudah membawa barang bawaan. barang bawaan juga tidak harus penuh, pilihlah seperlunya saja. Kita juga bsa melibatkan anak dalam melakukan packing barang bawaan, agar anak terbiasa dan lebih mandiri. Apabila naik kendaraan umum seperti bis atau kereta api, disarankan untuk membawa travel bag yang lebih mudah untuk dipindahkan. Sedangkan apabila menggunakan mobil pribadi atau pesawat terbang, disarankan untuk membawa koper agar semua barang bawaan menjadi ringkas.


5. Membawa Obat-Obatan



Sebelum pergi berlibur, sebaiknya kita sudah mempersiapkan obat-obatan yang selama ini keluarga gunakan. Kita juga bisa mengajak si kecil untuk mempersiapkan obat-obatan yang akan di bawa oleh mereka yang akan berguna bagi mereka jika mereka merasa sakit.



6. Pilihlah Hotel Ynag Strategis



Pilihlah hotel yang berdekatan dengan objek atau tujuan wisata yang akan kita kunjungi. Hotel tersebut juga dekat dengan area pusat perbelanjaan, makanan dan permainan anak. Terkadang untuk harga sewa kamar hotel untuk area yang strategis sedikit lebih mahal. Akan tetapi itu akan sangat bermanfaat bagi kita karena akses yang mau kita tuju menajdi lebih mudah.


7. Berlibur Sambil Belajar



Walaupun kita sedang mengajak anak-anak liburan. Kita bisa merencanakan berlibur yang edukatif untuk buah hati kita. Selain kita mengasah kreativitas, kita juga mengembakan keahlian anak kita sambil menikmati waktu liburan bersama keluarga. Liburan versi ini juga akan diingat oleh anak dalam jangka waktu yang sangat panjang, dan bisa menjadi sumber inspirasi ketika sedang belajar bahasa di sekolah.

Demikianlah beberapa tips dari saya semoga bermanfaat dan menikmati liburan yang berkualitas bersama keluarga tercinta. Salam Anak Indonesia Hebat.

                                                                                                                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar